Home Berita PDAM Serahkan Deviden 2,7 M ke Pemda Karawang

PDAM Serahkan Deviden 2,7 M ke Pemda Karawang

Penyerahan Deviden PDAMPerusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tarum Kabupaten Karawang berhasil mencatatkan laba bersih Tahun 2013 sebesar Rp.5.012.632.247. Realisasi tersebut jauh melampaui laba tahun sebelumnya yang hanya Rp. 4.105.281.123 atau naik 2.25%. Keberhasilan peningkatan laba yang cukup signifikan tersebut terungkap saat dilaksanakannya Rapat Umum Pemilik Modal (RUPM) PDAM Karawang yang berlangsung di Rumah Makan Alam Ceria Karawang, Sabtu (12/7).

Bupati Karawang H. Ade Swara yang hadir dalam RUPM tersebut memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap kinerja manajemen PDAM Karawang yang terus meningkat. “Keberhasilan ini tentunya harus menjadi pemicu manajemen PDAM untuk lebih giat lagi meningkatkan laba perusahaan daerah, disertai pelayanan yang semakin baik,” ujarnya

Selain itu, Bupati juga berharap agar PDAM selain dapat menjadi BUMD yang sehat usaha, namun harus juga mampu memberi dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi daerah. “Oleh karena itu, jajaran PDAM Karawang agar terus berupaya meningkatkan profesionalisme, semoga keberadaan PDAM Kabupaten Karawang dapat lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas maupun sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Karawang,” imbuhnya.

 

Lebih lanjut Bupati memaparkan bahwa PDAM merupakan perusahaan yang mempengaruhi hajat hidup orang banyak. Namun demikian, cakupan pelayanan PDAM saat ini masih mencapai 20.31% dari jumlah penduduk Kabupaten Karawang yang saat ini mencapai 2.207.181 Jiwa. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar 18.77% terdapat peningkatan 1.54%” jelasnya.

Direktur PDAM Yogi Patriana Alsyah mengatakan, keberhasilan peningkatan laba ini tidak terlepas dari adanya peningkatan pendapatan air terjual, kenaikan pemakaian rata-rata pelanggan, dan peningkatan jumlah sambungan rumah langganan,” tandasnya.

Menurut Yogi, untuk tahun 2013 PDAM Karawang memiliki jumlah sambungan rumah langganan sebanyak 60.066 , atau meningkat 5851 atau naik 10.79 % dari tahun sebelumnnya. “Peningkatan tersebut disebabkan adanya penambahan jaringan perumahan baru, penurunan biaya pemasangan, keringanan biaya pasang kembali” ungkapnya.

Mengenai hibah Yogi menjelaskan, “hibah dari para pemangku kepentingan, sampai dengan saat ini hibah yang telah diterima PDAM telah mencapai Rp.12.509.748.756,-“jelasnya.

Yogi menambahkan, untuk memperbaiki dan menyehatkan PDAM Karawang tidaklah mudah. Manajemen PDAM telah dan sedang melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan keuangan perusahaan. “Diperlukan kerja keras dari berbagai usaha serta upaya optimal dari semua stake holder, terutama Pemerintah, PDAM, dan para pelanggan,” imbuhnya.

Sementara itu, pelaksanaan RUPM Tirta Tarum Kabupaten Karawang tersebut dihadiri oleh sejumlah stake holder terkait, termasuk Ketua Komisi B DPRD Karawang Yus Taufik. Selain itu, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Sekda Kabupaten Karawang H.Teddi Rusfendy S. serta para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang, serta anggota Dewan Pengawas PDAM Karawang.

Sumber : http://karawangkab.go.id/headline/pdam-karawang-serahkan-deviden-rp-2756-miliar-kepada-pemerintah-daerah

Last Updated (Saturday, 13 June 2015 14:23)